I‘rab (الإعراب) adalah perubahan harakat di akhir kata, baik kata tersebut isim ataupun fi'il pada kalimat yang disebabkan oleh tiga hal, yaitu:
- Fi‘il.
- Huruf ‘āmil.
- Susunan kalimat.
Pembagian I‘rab (اقسام الاعراب)
1. Rafa‘ (الرفع)
Rafa‘ merupakan i‘rab asal dari suatu kata baik isim maupun fi‘il dengan tanda dasar harakatnya yaitu ḍammah.
Isim mufrad mudzakkar:
- Tanda i‘rab: ( ــُـ ) / ( ــٌـ )
- Contoh: قَرَأَ طَالِبٌ كِتَابًا / قَرَأَ الطَّالِبُ الْكِتَابَ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī tsulātsī mujarrad ḍamīr muta‘arif huwa → mabnī fatḥah) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
- Arti pada nakirah: Murid laki-laki telah membaca buku.
- Arti pada ma‘rifah: Murid laki-laki itu telah membaca buku.
- Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( ةُ ) / ( ةٌ )
- Contoh: قَرَأَتْ طَالِبَةٌ كِتَابًا / قَرَأَتْ الطَّالِبَةُ الْكِتَابَ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī tsulātsī mujarrad ḍamīr muta‘arif hiya → mabnī sukūn) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
- Arti pada nakirah: Murid perempuan telah membaca buku.
- Arti pada ma‘rifah: Murid perempuan itu telah membaca buku.
- Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( ا ) + ( نِ )
- Contoh: قَرَأَا طَالِبَانِ الْكِتَابَ / قَرَأَا الطَّالِبَانِ الْكِتَابَ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī tsulātsī mujarrad ḍamīr muta‘arif humā → mabnī ‘alā al-fatḥ) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
- Arti pada nakirah: Dua murid laki-laki telah membaca buku.
- Arti pada ma‘rifah: Dua murid laki-laki itu telah membaca buku.
- Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( تَ ) + ( ا ) + ( نِ )
- Contoh: قَرَأَتَا طَالِبَتَانِ الْكِتَابَ / قَرَأَتَا الطَّالِبَتَانِ الْكِتَابَ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī ‘alā al-fatḥ) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
- Arti pada nakirah: Dua murid perempuan telah membaca buku.
- Arti pada ma‘rifah: Dua murid perempuan itu telah membaca buku.
- Tanda i‘rab: ( وْ ) + ( نَ )
- Contoh: قَرَؤُوا طَالِبُوْنَ الْكِتَابَ / قَرَؤُوا الطَّالِبُوْنَ الْكِتَابَ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī fatḥah) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
- Arti pada nakirah: Para murid laki-laki telah membaca buku.
- Arti pada ma‘rifah: Para murid laki-laki itu telah membaca buku.
- Tanda i‘rab: ( ا ) + ( تٌ )
- Contoh: قَرَأْنَ طَالِبَاتٌ الْكِتَابَ / قَرَأْنَ الطَّالِبَاتُ الْكِتَابَ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī ‘alā al-fatḥ) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
- Arti pada nakirah: Para murid perempuan telah membaca buku.
- Arti pada ma‘rifah: Para murid perempuan itu telah membaca buku.
- Tanda i‘rab: ( ــُـ ) / ( ــٌـ )
- Contoh: قَرَأَ طُلَّابٌ كِتَابًا / قَرَأَ الطُّلَّابُ الْكِتَابَ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī ‘alā al-fatḥ) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
- Arti pada nakirah: Para murid laki-laki telah membaca buku.
- Arti pada ma‘rifah: Para murid laki-laki itu telah membaca buku.
- Tanda i‘rab: ( تُ ) / ( تٌ )
- Contoh: قَرَأَتْ فِتَيَاتٌ كِتَابًا / قَرَأَتْ الفِتَيَاتُ الْكِتَابَ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī ‘alā al-fatḥ) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
- Arti pada nakirah: Para gadis telah membaca buku.
- Arti pada ma‘rifah: Para gadis itu telah membaca buku.
- Tanda i‘rab: ( ــُـ ) + ( و )
- Contoh: جَاءَ أبُوْ طَالِبٍ / جَاءَ أبُوْ زَيْدٍ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī ‘alā al-fatḥ) + (asma‘ul khamsah sebagai fā‘il → selalu rafa‘) + (muḍāf ilayh → jarr).
- Arti pada nakirah: Telah datang ayah murid laki-laki.
- Arti pada ma‘rifah: Telah datang ayah Zaid.
- Tanda i‘rab: ( ــُـ )
- Contoh: وِقَايَةٌ أَحْسَنٌ مِنْ عِلَاجٍ / اَلْوِقَايَةُ الأحْسَنُ مِنَ الْعِلَاجِ
- Struktur i‘rab: (Mubtada’ → selalu rafa‘) + (khabar → selalu rafa‘) + (ẓarf al-jarr → jarr majrūr).
- Arti pada nakirah: Pencegahan lebih baik daripada pengobatan.
- Arti pada ma‘rifah: Pencegahan itu lebih baik daripada pengobatan.
- Mabnī ‘alā.
- Tanda i‘rab: Ḍammah ẓāhirah pada mufrad ṣaḥīḥ al-ākhir ( ــُـ ).
Contoh: زَيْدٌ يَكْتُبُ كِتَابًا فِي الْفَصْلِ
Struktur i‘rab: (Mubtada’ → selalu rafa‘) + (fi‘il muḍāri‘ mutaʿaddī di awal khabar → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu nasb) + (ẓarf al-jarr → jarr majrūr).
Arti: Zaid sedang menulis di dalam kelas. - Tanda i‘rab: Ts̱ubūt an-nūn (huruf nun di akhir fi‘il tetap ada) pada mutsanna maupun jamak ( ن ).
Contoh: الرَّجُلَانِ يَفْعَلَانِ عَمَلًا شَاقًّا
Struktur i‘rab: (Mubtada’ → selalu rafa‘) + (fi‘il muḍāri‘ mutaʿaddī di awal khabar → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu nasb) + (na‘t → selalu ikut i‘rab man‘ūt).
Arti: Dua laki-laki itu sedang mengerjakan suatu pekerjaan yang berat. - Tanda i‘rab: Ḍammah muqaddarah (samar-samar karena diakhiri huruf ‘illat).
Contoh: زَيْدٌ يَرْمِي الْكُرَةَ
Struktur i‘rab: (Mubtada’ → selalu rafa‘) + (fi‘il muḍāri‘ mutaʿaddī di awal khabar → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu nasb).
Arti: Zaid sedang melempar bola itu.
2. Nasb (النصب)
Nasb merupakan i‘rab perubahan dari suatu kata baik isim maupun fi‘il dengan tanda dasar harakatnya yaitu fathah.
Isim mufrad mudzakkar:
- Tanda i‘rab: ( ــَـ ) / ( ــًـ )
- Contoh: قَرَأَ طَالِبٌ كِتَابًا / قَرَأَ الطَّالِبُ الْكِتَابَ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī ‘alā al-fatḥ) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
- Arti pada nakirah: Murid laki-laki telah membaca buku.
- Arti pada ma‘rifah: Murid laki-laki itu telah membaca buku.
Isim mufrad mu’annats:
- Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( ةَ ) / ( ةً )
- Contoh: قَرَأَ طَالِبٌ رِسَالَةً / قَرَأَ الطَّالِبُ الرِّسَالَةَ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī ‘alā al-fatḥ) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
- Arti pada nakirah: Murid laki-laki telah membaca surat.
- Arti pada ma‘rifah: Murid laki-laki itu telah membaca surat.
Isim mutsanna mudzakkar:
- Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( يْ ) + ( نِ )
- Contoh: قَرَأَ طَالِبٌ كِتَابَيْنِ / قَرَأَ الطَّالِبُ الْكِتَابَيْنِ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī ‘alā al-fatḥ) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
- Arti pada nakirah: Murid laki-laki telah membaca dua buku.
- Arti pada ma‘rifah: Murid laki-laki itu telah membaca dua buku.
Isim mutsanna mu’annats:
- Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( تَ ) + ( يْ ) + ( نِ )
- Contoh: قَرَأَ طَالِبٌ رِسَالَتَيْنِ / قَرَأَ الطَّالِبُ الرِّسَالَتَيْنِ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī ‘alā al-fatḥ) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
- Arti pada nakirah: Murid laki-laki telah membaca dua surat.
- Arti pada ma‘rifah: Murid laki-laki itu telah membaca dua surat.
Isim jamak mudzakkar salim:
- Tanda i‘rab: ( ــِـ ) + ( يْ ) + ( نَ )
- Contoh: عَلَّمَ مُعَلِّمٌ طَالِبِينَ قُرْآنًا / عَلَّمَ الْمُعَلِّمُ الطَّالِبِينَ الْقُرْآنَ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī ‘alā al-fatḥ) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih awwal → selalu naṣb) + (maf‘ūl bih tsānī → naṣb).
- Arti pada nakirah: Guru laki-laki telah mengajari para murid laki-laki bacaan.
- Arti pada ma‘rifah: Guru laki-laki itu telah mengajari para murid laki-laki itu bacaan.
Isim jamak mu’annats salim:
- Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( ا ) + ( تِ ) / ( تٍ )
- Contoh: عَلَّمَ مُعَلِّمَةٌ طَالِبَاتٍ قُرْآنًا / عَلَّمَ الْمُعَلِّمَةُ الطَّالِبَاتِ الْقُرْآنَ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī ‘alā al-fatḥ) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih awwal → selalu naṣb) + (maf‘ūl bih tsānī → selalu nasb).
- Arti pada nakirah: Guru perempuan telah mengajari para murid perempuan bacaan.
- Arti pada ma‘rifah: Guru perempuan itu telah mengajari para murid perempuan itu bacaan.
- Tanda i‘rab: ( ــَـ ) / ( ــًـ )
- Contoh: رَأَيْتُ طُلَّابًا فِي الْمَدْرَسَةِ / رَأَيْتُ الطُّلَّابَ فِي الْمَدْرَسَةِ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī ‘alā al-fatḥ) + (fā‘il mustatīr → ḍamīr muta‘arif → ta ḍammah) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb) + (ẓarf al-jarr → jarr majrūr).
- Arti pada nakirah: Aku melihat para murid di sekolah.
- Arti pada ma‘rifah: Aku melihat para murid itu di sekolah.
- Tanda i‘rab:
- Contoh:
- Struktur i‘rab:
- Arti pada nakirah:
- Arti pada ma‘rifah:
Asma‘ul khamsah:
- Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( ا )
- Contoh: رَأَيْتُ أبَا طَالِبٍ / رَأَيْتُ أبَا زَيْدٍ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī ‘alā al-fatḥ) + (fā‘il mustatīr → ḍamīr muta‘arif → ta ḍammah) + (asma‘ul khamsah sebagai maf‘ūl bih → selalu naṣb) + (muḍāf ilayh → jarr).
- Arti pada nakirah: Aku telah melihat ayah murid laki-laki.
- Arti pada ma‘rifah: Aku telah melihat ayah Zaid.
Isim ghairu munṣarif:
- Tanda i‘rab: ( ــَـ )
- Contoh: اخْتَرْتُ وِقَايَةً أَحْسَنَ مِنَ الْعِلَاجِ / اخْتَرْتُ الْوِقَايَةَ الْأَحْسَنَ مِنَ الْعِلَاجِ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī ‘alā as-sukūn) + (fā‘il mustatīr → ḍamīr muta‘arif → ta ḍammah) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb) + (asma‘ul khamsah sebagai na‘t → selalu ikut i‘rab man‘ūt) + (ẓarf al-jarr → jarr majrūr).
- Arti pada nakirah: Aku telah memilih pencegahan yang lebih baik daripada pengobatan.
- Arti pada ma‘rifah: Aku telah memilih pencegahan itu lebih baik daripada pengobatan.
Fi‘il māḍī & fi’il amr:
- Mabnī ‘alā.
Fi‘il muḍāri‘:
- Tanda i‘rab: Fatḥah ẓāhirah pada mufrad ṣaḥīḥ al-ākhir karena masuknya ’āmil naṣb ( ــَـ ).
Contoh: أُعْطِيُ الطَّمَأْنِينَةَ لِيَتَعَلَّمَ الطَّالِبُ الْقُرْآنَ
Struktur i‘rab: (Fiʿl muḍāri → i‘rab asalnya rafa‘) + (fa‘il → ḍamīr mustatir → أنا) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb) + (huruf naṣb + fi‘il muḍāri‘ → selalu mansūb) + (isim fa‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
Arti: Aku memberikan ketenangan agar murid itu mempelajari al-Qur’ān. - Tanda i‘rab: Ḥadf an-nūn (huruf nun di akhir fi‘il dihapus) pada af‘āl al-khamsah karena masuknya ’āmil naṣb (
ن).
Contoh: لَنْ يَفْعَلَا الرَّجُلَانِ عَمَلًا شَاقًّا
Struktur i‘rab: (huruf naṣb + fi‘il muḍāri‘ af‘āl al-khamsah → selalu mansūb) + (isim fa‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb) + (na‘t → selalu ikut i‘rab man‘ūt).
Arti: Kedua laki-laki itu tidak akan melakukan pekerjaan yang berat. - Tanda i‘rab: Fatḥah muqaddarah (samar-samar karena diakhiri huruf ‘illat) pada af‘āl al-khamsah karena masuknya ’āmil naṣb.
Contoh: لَنْ تَفْعَلُوا الْقِرَاءَةَ الْكِتَابِ غَدًا
Struktur i‘rab: (huruf naṣb + fi‘il muḍāri‘ af‘āl al-khamsah → selalu mansūb) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb) + (muḍāf ilayh → jarr) + (ẓarf zamān → selalu naṣb).
Arti: Kalian tidak akan membaca buku besok.
3. Jarr (الجر)
Jarr merupakan i‘rab perubahan dari suatu kata baik isim maupun fi‘il dengan tanda dasar harakatnya yaitu kasrah.
Isim mufrad mudzakkar:
- Tanda i‘rab: ( ــِـ ) / ( ــٍـ )
- Contoh: كِتَابُ طَالِبٍ / الكِتَابُ الطَّالِبِ
- Struktur i‘rab: (muḍāf → i‘rab asalnya rafa‘) + (muḍāf ilayh → selalu jarr).
- Arti pada nakirah: Buku siswa.
- Arti pada ma‘rifah: Buku si siswa.
Isim mufrad mu’annats:
- Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( ةِ ) / ( ةٍ )
- Contoh: كِتَابُ طَالِبَةٍ / الكِتَابُ الطَّالِبَةِ
- Struktur i‘rab: (muḍāf → i‘rab asalnya rafa‘) + (muḍāf ilayh → selalu jarr).
- Arti pada nakirah: Buku siswi.
- Arti pada ma‘rifah: Buku si siswi.
Isim mutsanna mudzakkar:
- Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( يْ ) + ( نِ )
- Contoh: كِتَابُ طَالِبَيْنِ / الكِتَابُ الطَّالِبَيْنِ
- Struktur i‘rab: (muḍāf → i‘rab asalnya rafa‘) + (muḍāf ilayh → selalu jarr).
- Arti pada nakirah: Buku dua siswa.
- Arti pada ma‘rifah: Buku si dua siswa.
Isim mutsanna mu’annats:
- Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( تَ ) + ( يْ ) + ( نِ )
- Contoh: كِتَابُ طَالِبَتَيْنِ / الكِتَابُ طَّالِبَتَيْنِ
- Struktur i‘rab: (muḍāf → i‘rab asalnya rafa‘) + (muḍāf ilayh → selalu jarr).
- Arti pada nakirah: Buku dua siswi.
- Arti pada ma‘rifah: Buku si dua siswi.
Isim jamak mudzakkar salim:
- Tanda i‘rab: ( ــِـ ) + ( يْ ) + ( نَ )
- Contoh: كِتَابُ طَالِبِيْنَ / الكِتَابُ الطَّالِبِيْنَ
- Struktur i‘rab: (muḍāf → i‘rab asalnya rafa‘) + (muḍāf ilayh → selalu jarr).
- Arti pada nakirah: Buku siswa-siswa.
- Arti pada ma‘rifah: Buku siswa-siswa itu.
Isim jamak mu’annats salim:
- Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( ا ) + ( تِ ) / ( تٍ )
- Contoh: كِتَابُ طَالِبَاتٍ / الكِتَابُ الطَّالِبَاتِ
- Struktur i‘rab: (muḍāf → i‘rab asalnya rafa‘) + (muḍāf ilayh → selalu jarr).
- Arti pada nakirah: Buku siswi-siswi.
- Arti pada ma‘rifah: Buku siswi-siswi itu.
- Tanda i‘rab:
- Contoh:
- Struktur i‘rab:
- Arti pada nakirah:
- Arti pada ma‘rifah:
- Tanda i‘rab:
- Contoh:
- Struktur i‘rab:
- Arti pada nakirah:
- Arti pada ma‘rifah:
Asma‘ul khamsah:
- Tanda i‘rab: ( ــِـ ) + ( ي )
- Contoh: اِلْتَقَيْتُ بِأَبِي طَالِبٍ / اِلْتَقَيْتُ بِأَبِي زَيْدٍ
- Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī ‘alā as-sukūn) + (fā‘il mustatīr → ḍamīr muta‘arif → ta ḍammah) + (asma‘ul khamsah sebagai maf‘ūl bih → selalu naṣb) + (muḍāf ilayh → jarr).
- Arti pada nakirah: Aku telah bertemu dengan ayah murid.
- Arti pada ma‘rifah: Aku telah bertemu dengan ayah Zaid.
Isim ghairu munṣarif:
- Tanda i‘rab: ( ــِـ )
- Contoh: وِقَايَةٌ بِأَحْسَنِ مِنْ عِلَاجٍ / اَلْوِقَايَةُ بِالأَحْسَنٍ مِنَ الْعِلَاجِ
- Struktur i‘rab: (Mubtada’ → selalu rafa‘) + (huruf jarr + khabar → selalu majrūr) + (ẓarf al-jarr → jarr majrūr).
- Arti pada nakirah: Sebaiknya pencegahan daripada mengobati.
- Arti pada ma‘rifah: Sebaik-baik itu pencegahan daripada mengobati.
Fi‘il māḍī & fi’il amr:
- Mabnī ‘alā.
Fi‘il muḍāri‘:
- Tidak bisa majrūr.
Jazm merupakan i‘rab perubahan dari suatu kata baik isim maupun fi‘il dengan tanda dasar harakatnya yaitu sukun.
I‘rab jazm pada isim:
- Tidak bisa majzūm.
Fi‘il māḍī & fi’il amr:
- Mabnī ‘alā.
Fi‘il muḍāri‘:
- Tanda i‘rab: ( ــْـ ).
Contoh: زَيْدٌ لَمْ يَتَعَلَّمْ فِي الْفَصْلِ
Struktur i‘rab: (Mubtada’ → selalu rafa‘) + (huruf jazm + fi‘il muḍāri‘ sebagai khabar → selalu majzūm) + (ẓarf al-jarr → jarr majrūr).
Arti: Zaid tidak belajar di dalam kelas. - Tanda i‘rab: Ḥadf an-nūn (huruf nun di akhir fi‘il dihapus) pada af‘āl al-khamsah karena masuknya ’āmil jazm (
ن).
Contoh: زَيْدٌ وَعَلِيٌّ لَمْ يَفْعَلَا الْكِتَابَةَ
Struktur i‘rab: (Mubtada’ → selalu rafa‘) + (huruf jazm + fi‘il muḍāri‘ sebagai khabar → selalu majzūm) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
Arti: Zaid dan ‘Ali tidak melakukan penulisan. - Tanda i‘rab: Huruf ‘illat pada fi‘il muḍāri‘ mu‘tāl al-ākhir dihapus.
Contoh: زَيْدٌ لَمْ يَرْمِ الْكُرَةَ
Struktur i‘rab: (Mubtada’ → selalu rafa‘) + (huruf jazm + fi‘il muḍāri‘ sebagai khabar → selalu majzūm) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
Arti: Zaid sedang tidak melempar bola itu.