Selasa, 02 September 2025

I‘rab

I‘rab (الإعراب) adalah perubahan harakat di akhir kata, baik kata tersebut isim ataupun fi'il pada kalimat yang disebabkan oleh tiga hal, yaitu:

  1. Fi‘il.
  2. Huruf ‘āmil.
  3. Susunan kalimat.

Pembagian I‘rab (اقسام الاعراب)

1. Rafa‘ (الرفع)

Rafa‘ merupakan i‘rab asal dari suatu kata baik isim maupun fi‘il dengan tanda dasar harakatnya yaitu ḍammah.

Isim mufrad mudzakkar:

  • Tanda i‘rab: ( ــُـ ) / ( ــٌـ )
  • Contoh: قَرَأَ طَالِبٌ كِتَابًا / قَرَأَ الطَّالِبُ الْكِتَابَ 
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr huwa → mabnī fatḥah) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
  • Arti pada nakirah: Murid laki-laki telah membaca buku.
  • Arti pada ma‘rifah: Murid laki-laki itu telah membaca bukunya.
Isim mufrad mu’annats:
  • Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( ةُ ) / ( ةٌ )
  • Contoh: قَرَأَتْ طَالِبَةٌ كِتَابًا / قَرَأَتْ الطَّالِبَةُ الْكِتَابَ 
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr hiya → mabnī fatḥah + tā’ sakinah) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
  • Arti pada nakirah: Murid perempuan telah membaca buku.
  • Arti pada ma‘rifah: Murid perempuan itu telah membaca bukunya.
Isim mutsanna mudzakkar:
  • Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( ا ) + ( نِ )
  • Contoh: قَرَأَا طَالِبَانِ كِتَابًا / قَرَأَا الطَّالِبَانِ الْكِتَابَ
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr humā → mabnī fatḥah + alif iṡnayn) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
  • Arti pada nakirah: Dua murid laki-laki telah membaca buku.
  • Arti pada ma‘rifah: Dua murid laki-laki itu telah membaca bukunya.
Isim mutsanna mu’annats:
  • Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( تَ ) + ( ا ) + ( نِ )
  • Contoh: قَرَأَتَا طَالِبَتَانِ كِتَابًا / قَرَأَتَا الطَّالِبَتَانِ الْكِتَابَ
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr humā → mabnī fatḥah + ta + alif iṡnayn) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
  • Arti pada nakirah: Dua murid perempuan telah membaca buku.
  • Arti pada ma‘rifah: Dua murid perempuan itu telah membaca bukunya.
Isim jamak mudzakkar salim:
  • Tanda i‘rab: ( وْ ) + ( نَ )
  • Contoh: قَرَؤُوا طَالِبُوْنَ كِتَابًا / قَرَؤُوا الطَّالِبُوْنَ الْكِتَابَ
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr hum → mabnī ḍammah) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
  • Arti pada nakirah: Para murid laki-laki telah membaca buku.
  • Arti pada ma‘rifah: Para murid laki-laki itu telah membaca bukunya.
Isim jamak mu’annats salim:
  • Tanda i‘rab: ( ا ) + ( تٌ )
  • Contoh: قَرَأْنَ طَالِبَاتٌ كِتَابًا / قَرَأْنَ الطَّالِبَاتُ الْكِتَابَ
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr hunna → mabnī sukūn + na) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
  • Arti pada nakirah: Para murid perempuan telah membaca buku.
  • Arti pada ma‘rifah: Para murid perempuan itu telah membaca bukunya.
Isim jamak taksīr mudzakkar:
  • Tanda i‘rab: ( ــُـ ) / ( ــٌـ )
  • Keterangan khusus: Kata ganti di kata kerja tetap tunggal.
  • Contoh: قَرَأَ طُلَّابٌ كِتَابًا / قَرَأَ الطُّلَّابُ الْكِتَابَ 
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr huwa → mabnī fatḥah) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
  • Arti pada nakirah: Para murid laki-laki telah membaca buku.
  • Arti pada ma‘rifah: Para murid laki-laki itu telah membaca bukunya.
Isim jamak taksīr mu’annats:
  • Tanda i‘rab: ( تُ ) / ( تٌ )
  • Keterangan khusus: Kata ganti di kata kerja tetap tunggal.
  • Contoh: قَرَأَتْ فِتَيَاتٌ كِتَابًا / قَرَأَتْ الفِتَيَاتُ الْكِتَابَ 
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr hiya → mabnī fatḥah + tā’ sakinah) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
  • Arti pada nakirah: Para gadis telah membaca buku.
  • Arti pada ma‘rifah: Para gadis itu telah membaca bukunya.
Asma‘ul khamsah:
  • Tanda i‘rab: ( ــُـ ) + ( و )
  • Contoh: جَاءَ أبُوْ طَالِبٍ / جَاءَ أبُوْ زَيْدٍ
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr huwa → mabnī fatḥah) + (asma‘ul khamsah sebagai fā‘il → selalu rafa‘) + (muḍāf ilayh → selalu jarr).
  • Arti pada nakirah: Telah datang ayah murid laki-laki.
  • Arti pada ma‘rifah: Telah datang ayah Zaid.
Isim ghairu munṣarif:
  • Tanda i‘rab: ( ــُـ )
  • Contoh: وِقَايَةٌ أَحْسَنٌ مِنْ عِلَاجٍ / اَلْوِقَايَةُ الأحْسَنُ مِنَ الْعِلَاجِ
  • Struktur i‘rab: (Mubtada’ → selalu rafa‘) + (isim ghairu munṣarif di dalam khabar → selalu rafa‘) + (ẓarf dengan di dalam khabar jarr → jarr majrūr).
  • Arti pada nakirah: Pencegahan lebih baik daripada pengobatan.
  • Arti pada ma‘rifah: Pencegahan itu lebih baik daripada pengobatan.
Fi‘il māḍī & fi’il amr:
  • Mabnī.
Fi‘il muḍāri‘:
  1. Tanda i‘rab: Ḍammah ẓāhirah pada mufrad ṣaḥīḥ ākhir ( ــُـ ).
    Contoh: زَيْدٌ يَكْتُبُ كِتَابًا فِي الْفَصْلِ
    Struktur i‘rab: (Mubtada’ → selalu rafa‘) + (fi‘il muḍāri‘ dengan ḍamīr huwa di awal khabar → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih di dalam khabar→ selalu nasb) + (ẓarf dengan jarr di dalam khabar → jarr majrūr).
    Arti: Zaid sedang menulis di dalam kelas.
  2. Tanda i‘rab: Ts̱ubūt nūn (huruf nun di akhir fi‘il tetap ada) pada af‘āl khamsah ( ن ).
    Contoh: الرَّجُلَانِ يَفْعَلَانِ عَمَلًا شَاقًّا
    Struktur i‘rab: (Mubtada’ → selalu rafa‘) + (fi‘il muḍāri‘ dengan ḍamīr humā di awal khabar → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih di dalam khabar → selalu nasb) + (na‘t di dalam khabar → selalu ikut i‘rab man‘ūt).
    Arti: Dua laki-laki itu sedang mengerjakan suatu pekerjaan yang berat.
  3. Tanda i‘rab: Ḍammah muqaddarah (samar-samar karena diakhiri huruf ‘illat) pada mu‘tāl ākhir.
    Contoh: زَيْدٌ يَرْمِي الْكُرَةَ
    Struktur i‘rab: (Mubtada’ → selalu rafa‘) + (fi‘il muḍāri‘ dengan ḍamīr huwa di awal khabar → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih di dalam khabar → selalu nasb).
    Arti: Zaid sedang melempar bola itu.

2. Nasb (النصب)

Nasb merupakan i‘rab perubahan dari suatu kata baik isim maupun fi‘il dengan tanda dasar harakatnya yaitu fathah.

Isim mufrad mudzakkar:

  • Tanda i‘rab: ( ــَـ ) / ( ــًـ )
  • Contoh: قَرَأَ طَالِبٌ كِتَابًا / قَرَأَ الطَّالِبُ الْكِتَابَ 
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr huwa → mabnī fatḥah) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
  • Arti pada nakirah: Murid laki-laki telah membaca buku.
  • Arti pada ma‘rifah: Murid laki-laki itu telah membaca bukunya.

Isim mufrad mu’annats:

  • Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( ةَ ) / ( ةً )
  • Contoh: قَرَأَ طَالِبٌ رِسَالَةً / قَرَأَ الطَّالِبُ الرِّسَالَةَ 
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr huwa → mabnī fatḥah) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
  • Arti pada nakirah: Murid laki-laki telah membaca surat.
  • Arti pada ma‘rifah: Murid laki-laki itu telah membaca suratnya.

Isim mutsanna mudzakkar:

  • Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( يْ ) + ( نِ )
  • Contoh: قَرَأَ طَالِبٌ كِتَابَيْنِ / قَرَأَ الطَّالِبُ الْكِتَابَيْنِ
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr huwa → mabnī fatḥah) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
  • Arti pada nakirah: Murid laki-laki telah membaca dua buku.
  • Arti pada ma‘rifah: Murid laki-laki itu telah membaca dua bukunya.

Isim mutsanna mu’annats:

  • Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( تَ ) + ( يْ ) + ( نِ )
  • Contoh: قَرَأَ طَالِبٌ رِسَالَتَيْنِ / قَرَأَ الطَّالِبُ الرِّسَالَتَيْنِ
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr huwa → mabnī fatḥah) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
  • Arti pada nakirah: Murid laki-laki telah membaca dua surat.
  • Arti pada ma‘rifah: Murid laki-laki itu telah membaca dua suratnya.

Isim jamak mudzakkar salim:

  • Tanda i‘rab: ( ــِـ ) + ( يْ ) + ( نَ )
  • Contoh: عَلَّمَ مُعَلِّمٌ طَالِبِينَ قُرْآنًا / عَلَّمَ الْمُعَلِّمُ الطَّالِبِينَ الْقُرْآنَ
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī ḍamīr huwa → mabnī fatḥah) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih awwal → selalu naṣb) + (maf‘ūl bih tsānī → naṣb).
  • Arti pada nakirah: Guru laki-laki telah mengajari para murid laki-laki bacaan.
  • Arti pada ma‘rifah: Guru laki-laki itu telah mengajari para murid laki-laki itu bacaan.

Isim jamak mu’annats salim:

  • Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( ا ) +  ( تِ ) / ( تٍ )
  • Contoh: عَلَّمَتْ مُعَلِّمَةٌ طَالِبَاتٍ قُرْآنًا / عَلَّمَتْ الْمُعَلِّمَةُ الطَّالِبَاتِ الْقُرْآنَ
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr hiya → mabnī fatḥah + tā’ sakinah) + (isim fā‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih awwal → selalu naṣb) + (maf‘ūl bih tsānī → selalu nasb).
  • Arti pada nakirah: Guru perempuan telah mengajari para murid perempuan bacaan.
  • Arti pada ma‘rifah: Guru perempuan itu telah mengajari para murid perempuan itu bacaan.

Isim jamak taksīr mudzakkar:
  • Tanda i‘rab: ( ــَـ ) / ( ــًـ )
  • Contoh: رَأَيْتُ طُلَّابًا فِي الْمَدْرَسَةِ / رَأَيْتُ الطُّلَّابَ فِي الْمَدْرَسَةِ
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr ana → mabnī sukūn + tu = fā‘il menyatu dengan fi‘il) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb) + (ẓarf dengan jarr → jarr majrūr).
  • Arti pada nakirah: Aku melihat para murid di sekolah.
  • Arti pada ma‘rifah: Aku melihat para murid itu di sekolahnya.
Isim jamak taksīr mu’annats:
  • Tanda i‘rab: ( ــَـ ) / ( ــًـ )
  • Contoh: رَأَيْتُ فِتَيَاتًا فِي الْمَدْرَسَةِ / رَأَيْتُ الفِتَيَاتَ فِي الْمَدْرَسَةِ
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr ana → mabnī sukūn + tu = fā‘il menyatu dengan fi‘il) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb) + (ẓarf dengan jarr → jarr majrūr).
  • Arti pada nakirah: Aku melihat para gadis di sekolah.
  • Arti pada ma‘rifah: Aku melihat para gadis itu di sekolahnya.

Asma‘ul khamsah:

  • Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( ا )
  • Contoh: رَأَيْتُ أبَا طَالِبٍ / رَأَيْتُ أبَا زَيْدٍ
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr ana → mabnī sukūn + tu = fā‘il menyatu dengan fi‘il) + (asma‘ul khamsah sebagai maf‘ūl bih → selalu naṣb) + (muḍāf ilayh → selalu jarr).
  • Arti pada nakirah: Aku telah melihat ayah murid laki-laki.
  • Arti pada ma‘rifah: Aku telah melihat ayah Zaid.

Isim ghairu munṣarif:

  • Tanda i‘rab: ( ــَـ )
  • Contoh: اخْتَرْتُ وِقَايَةً أَحْسَنَ مِنَ الْعِلَاجِ / اخْتَرْتُ الْوِقَايَةَ الْأَحْسَنَ مِنَ الْعِلَاجِ
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī dengan ḍamīr ana → mabnī sukūn + tu = fā‘il menyatu dengan fi‘il) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb) + (isim ghairu munṣarif sebagai na‘t → selalu ikut i‘rab man‘ūt) + (ẓarf dengan jarr → jarr majrūr).
  • Arti pada nakirah: Aku telah memilih pencegahan yang lebih baik daripada pengobatan.
  • Arti pada ma‘rifah: Aku telah memilih pencegahan itu lebih baik daripada pengobatan.

Fi‘il māḍī & fi’il amr:

  • Mabnī.

Fi‘il muḍāri‘:

  1. Tanda i‘rab: Fatḥah ẓāhirah pada mufrad ṣaḥīḥ ākhir karena masuknya ’āmil naṣb ( ــَـ ).
    Contoh: أُعْطِيُ الطَّمَأْنِينَةَ لِيَتَعَلَّمَ الطَّالِبُ الْقُرْآنَ
    Struktur i‘rab: (Fi‘il muḍāri dengan ḍamīr ana → i‘rab asalnya rafa‘ = fā‘il menyatu dengan fi‘il) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb) + (huruf naṣb + fi‘il muḍāri‘ dengan ḍamīr huwa → selalu mansūb) + (isim fa‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb).
    Arti: Aku memberikan ketenangan agar murid itu mempelajari al-Qur’ān.
  2. Tanda i‘rab: Hażf nūn (huruf nun di akhir fi‘il dihapus) pada af‘āl khamsah karena masuknya ’āmil naṣb ( ن ).
    Contoh: لَنْ يَفْعَلُوا الرِّجَالُ عَمَلًا شَاقًّا → يَفْعَلُونَ الرِّجَالُ عَمَلًا شَاقًّا
    Struktur i‘rab: (Huruf naṣb + fi‘il muḍāri‘ dengan ḍamīr hum → selalu mansūb) + (isim fa‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb) + (na‘t → selalu ikut i‘rab man‘ūt).
    Arti: Mereka laki-laki itu akan melakukan pekerjaan yang berat. → Mereka laki-laki itu tidak akan melakukan pekerjaan yang berat.
  3. Tanda i‘rab: Fatḥah muqaddarah (samar-samar karena diakhiri huruf ‘illat) pada mu‘tāl ākhir karena masuknya ’āmil naṣb.
    Contoh: لَنْ تَفْعَلُوا الْقِرَاءَةَ الْكِتَابِ غَدًا
    Struktur i‘rab: (Huruf naṣb + fi‘il muḍāri‘ dengan ḍamīr hum → selalu mansūb) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb) + (muḍāf ilayh → selalu jarr) + (ẓarf tanpa jarr → selalu naṣb).
    Arti: Kalian tidak akan membaca buku besok.

3. Jarr (الجر)

Jarr merupakan i‘rab perubahan dari suatu kata baik isim maupun fi‘il dengan tanda dasar harakatnya yaitu kasrah.

Isim mufrad mudzakkar:

  • Tanda i‘rab: ( ــِـ ) / ( ــٍـ )
  • Contoh: هَذَا كِتَابٌ طَالِبٍ / هَذَا الكِتَابُ الطَّالِبِ
  • Struktur i‘rab: (Mubtada’ → isim isyārah → mabni) + (muḍāf sebagai bagian dari khabar → i‘rab asalnya rafa‘) + (muḍāf ilayh sebagai bagian dari khabar → selalu jarr).
  • Arti pada nakirah: Ini buku siswa.
  • Arti pada ma‘rifah: Ini buku si siswa.

Isim mufrad mu’annats:

  • Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( ةِ ) / ( ةٍ )
  • Contoh: هَذَا كِتَابٌ طَالِبَةٍ / هَذَا الكِتَابُ الطَّالِبَةِ
  • Struktur i‘rab: (Mubtada’ → isim isyārah → mabni) + (muḍāf sebagai bagian dari khabar → i‘rab asalnya rafa‘) + (muḍāf ilayh sebagai bagian dari khabar → selalu jarr).
  • Arti pada nakirah: Ini buku siswi.
  • Arti pada ma‘rifah: Ini buku si siswi.

Isim mutsanna mudzakkar:

  • Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( يْ ) + ( نِ )
  • Contoh: هَذَا كِتَابٌ طَالِبَيْنِ / هَذَا الكِتَابُ الطَّالِبَيْنِ
  • Struktur i‘rab: (Mubtada’ → isim isyārah → mabni) + (muḍāf sebagai bagian dari khabar → i‘rab asalnya rafa‘) + (muḍāf ilayh sebagai bagian dari khabar → selalu jarr).
  • Arti pada nakirah: Ini buku dua siswa.
  • Arti pada ma‘rifah: Ini buku si dua siswa.

Isim mutsanna mu’annats:

  • Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( تَ ) + ( يْ ) + ( نِ )
  • Contoh: هَذَا كِتَابٌ طَالِبَتَيْنِ / هَذَا الكِتَابُ طَّالِبَتَيْنِ
  • Struktur i‘rab: (Mubtada’ → isim isyārah → mabni) + (muḍāf sebagai bagian dari khabar → i‘rab asalnya rafa‘) + (muḍāf ilayh sebagai bagian dari khabar → selalu jarr).
  • Arti pada nakirah: Ini buku dua siswi.
  • Arti pada ma‘rifah: Ini buku si dua siswi.

Isim jamak mudzakkar salim:

  • Tanda i‘rab: ( ــِـ ) + ( يْ ) + ( نَ )
  • Contoh: هَذَا كِتَابٌ طَالِبِيْنَ / هَذَا الكِتَابُ الطَّالِبِيْنَ
  • Struktur i‘rab: (Mubtada’ → isim isyārah → mabni) + (muḍāf sebagai bagian dari khabar → i‘rab asalnya rafa‘) + (muḍāf ilayh sebagai bagian dari khabar → selalu jarr).
  • Arti pada nakirah: Ini buku siswa-siswa.
  • Arti pada ma‘rifah: Ini buku siswa-siswa itu.

Isim jamak mu’annats salim:

  • Tanda i‘rab: ( ــَـ ) + ( ا ) +  ( تِ ) / ( تٍ )
  • Contoh: هَذَا كِتَابٌ طَالِبَاتٍ / هَذَا الكِتَابُ الطَّالِبَاتِ
  • Struktur i‘rab: (Mubtada’ → isim isyārah → mabni) + (muḍāf sebagai bagian dari khabar → i‘rab asalnya rafa‘) + (muḍāf ilayh sebagai bagian dari khabar → selalu jarr).
  • Arti pada nakirah: Ini buku siswi-siswi.
  • Arti pada ma‘rifah: Ini buku siswi-siswi itu.

Isim jamak taksīr mudzakkar:
  • Tanda i‘rab: ( ــِـ ) / ( ــٍـ )
  • Contoh: هَذَا كِتَابٌ طُلَّابٍ / هَذَا الكِتَابُ الطُّلَّابِ
  • Struktur i‘rab: (Mubtada’ → isim isyārah → mabni) + (muḍāf sebagai bagian dari khabar → i‘rab asalnya rafa‘) + (muḍāf ilayh sebagai bagian dari khabar → selalu jarr).
  • Arti pada nakirah: Ini buku siswa-siswa.
  • Arti pada ma‘rifah: Ini buku siswa-siswa itu.
Isim jamak taksīr mu’annats:
  • Tanda i‘rab: ( تِ ) / ( تٍ )
  • Contoh: هَذَا كِتَابٌ فِتَيَاتٍ / هَذَا الكِتَابُ الفِتَيَاتِ
  • Struktur i‘rab: (Mubtada’ → isim isyārah → mabni) + (muḍāf sebagai bagian dari khabar → i‘rab asalnya rafa‘) + (muḍāf ilayh sebagai bagian dari khabar → selalu jarr).
  • Arti pada nakirah: Ini buku gadis-gadis.
  • Arti pada ma‘rifah: Ini buku gadis-gadis itu.

Asma‘ul khamsah:

  • Tanda i‘rab: ( ــِـ ) + ( ي )
  • Contoh: اِلْتَقَيْتُ بِأَبِي طَالِبٍ / اِلْتَقَيْتُ بِأَبِي زَيْدٍ
  • Struktur i‘rab: (Fi‘il māḍī → mabnī sukūn + tu = fā‘il menyatu dengan fi‘il) + (huruf jarr + asma‘ul khamsah → selalu majrur) + (muḍāf ilayh → jarr).
  • Arti pada nakirah: Aku telah bertemu dengan ayah murid.
  • Arti pada ma‘rifah: Aku telah bertemu dengan ayah Zaid.

Isim ghairu munṣarif:

  • Tanda i‘rab: ( ــِـ )
  • Contoh: وِقَايَةٌ بِأَحْسَنِ مِنْ عِلَاجٍ / اَلْوِقَايَةُ بِالأَحْسَنٍ مِنَ الْعِلَاجِ
  • Struktur i‘rab: (Mubtada’ → selalu rafa‘) + (isim ghairu munṣarif dengan kedudukan ẓarf dengan jarr di dalam khabar → jarr majrūr) + (ẓarf dengan jarr di dalam khabar → jarr majrūr).
  • Arti pada nakirah: Baiknya pencegahan daripada mengobati.
  • Arti pada ma‘rifah: Sebaik-baiknya pencegahan daripada mengobati.

Fi‘il māḍī & fi’il amr:

  • Mabnī.

Fi‘il muḍāri‘:

  • Tidak bisa majrūr.
4. Jazm (الجزم)

Jazm merupakan i‘rab perubahan dari suatu kata baik isim maupun fi‘il dengan tanda dasar harakatnya yaitu sukun.

I‘rab jazm pada isim:

  • Tidak bisa majzūm.

Fi‘il māḍī & fi’il amr:

  • Mabnī.

Fi‘il muḍāri‘:

  1. Tanda i‘rab: Sukun pada mufrad ṣaḥīḥ ākhir ( ــْـ ).
    Contoh: زَيْدٌ لَمْ يَتَعَلَّمْ فِي الْفَصْلِ
    Struktur i‘rab: (Mubtada’ → selalu rafa‘) + (huruf jazm + fi‘il muḍāri‘ sebagai khabar → selalu majzūm) + (ẓarf dengan jarr di dalam → jarr majrūr).
    Arti: Zaid tidak belajar di dalam kelas.
  2. Tanda i‘rab: Hażf nūn (huruf nun di akhir fi‘il dihapus) pada af‘āl khamsah karena masuknya ’āmil jazm ( ن ).
    Contoh: لَمْ يَفْعَلْ الرِّجَالُ عَمَلًا شَاقًّا → يَفْعَلُونَ الرِّجَالُ عَمَلًا شَاقًّا
    Struktur i‘rab: (Huruf jazm + fi‘il muḍāri‘ dengan ḍamīr hum → selalu majzūm) + (isim fa‘il → selalu rafa‘) + (maf‘ūl bih → selalu naṣb) + (na‘t → selalu ikut i‘rab man‘ūt).
    Arti: Mereka laki-laki itu akan melakukan pekerjaan yang berat. → Mereka laki-laki itu tidak akan melakukan pekerjaan yang berat.
  3. Tanda i‘rab: Huruf ‘illat pada mu‘tāl ākhir dihapus.
    Contoh: زَيْدٌ لَمْ يَرْمِ الْكُرَةَ → زَيْدٌ يَرْمي الْكُرَةَ
    Struktur i‘rab: (Mubtada’ → selalu rafa‘) + (huruf jazm + fi‘il muḍāri‘ sebagai khabar → selalu majzūm) + (maf‘ūl bih sebagai khabar → selalu naṣb).
    Arti: Zaid sedang melempar bola itu. → Zaid sedang tidak melempar bola itu.

Kesimpulan I‘rab (خلاصة الإعراب)

I‘rab pada kata yang mu‘rab itu hanya terdiri dari 2 penggunaan, yaitu: harakat dan penambahan atau penghapusan huruf.

  • Harakat: Rafa‘, nasb, jarr, jazm.
  • Huruf: Ts̱ubūt nūn, hażf nūn, penghapusan huruf ‘illat.